PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI PLANTAE DI SMA

SUCIATI, NINDA RAHMA, 185040103 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI PLANTAE DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis ialah satu diantara kemampuan yang harus dimiliki siswa agar mampu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21. Berdasarkan data yang ada, kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa masih rendah. Maka dari itu, diperlukan usaha yang inovatif dalam memilih metode dan media pembelajaran supaya siswa semakin aktif ketika menekuni pembelajaran, jadi kemampuan berpikir kritisnya bisa meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui blended learning menggunakan e-learning berbasis edmodo pada materi plantae di SMA. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu pre-experimental melalui desain one group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Subjek penelitian yakni siswa kelas X MIPA 2 SMAN 15 Bandung yang berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan berupa uraian beserta jumlah 12 soal yang diselaraskan terhadap indikator kemampuan berpikir kritis dan materi plantae. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Ngain yang didapatkan termasuk pada kategori sedang dan uji hipotesis memperlihatkan nilai signifikasi lebih kecil dari taraf signifikasi, sehingga hipotesis alternatif pada penelitian diterima dimana terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis. Berlandaskan hal itu bisa disimpulkan bahwasanya kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui blended learning menggunakan elearning berbasis edmodo. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Blended Learning, E-Learning, Edmodo

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:55
Last Modified: 15 Sep 2022 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58964

Actions (login required)

View Item View Item