Idzni, Nadhillah, 185060126 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas III SDN 033 Asmi Bandung pada Mata Pelajaran Matematika Analisis Diagram Gambar Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
10. Abstrak Sunda.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (360kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SDN 033 Asmi Bandung dikarenakan perubahan sistem pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Peserta didik yang masih beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan invoasi baru dalam pembelajaran dengan salah satunya menggunakan model pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran blended learning dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol menggunakan model tatap muka full. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, uji independent, dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model blended learning dengan nilai 2.63 dalam uji effect size dan signifikan sebesar 0.001 melalui uji paired sample t test. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58961 |
Actions (login required)
View Item |