PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SCHOOLOGY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA

SETIANTI, DESTI SRI, 185040010 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SCHOOLOGY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang berperan penting dalam lingkup kehidupan. Khususnya dalam dunia pendidikan, kemampuan untuk berkomunikasi dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan media inovatif yang disampaikan oleh guru selama kegiatan belajar mengajar. Dalam mendukung pembelajaran, salah satu media digital canggih yang mudah diakses yaitu learning management system schoology. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA melalui penerapan learning management system schoology. Metode yang digunakan yaitu pre eksperimen dalam bentuk One group pretest-posttest design dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 7 di SMAN 1 Palimanan yang berjumlah 30 orang. Hasil perhitungan N-gain berada pada taraf sedang dan uji hipotesis dengan nilai Sig.(2-Tailed) 0,000<0,05 menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima menyatakan adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi siswa sebesar 16,92%. Nilai rata-rata pretest yaitu 65 yang termasuk kedalam kategori “Cukup” dan meningkat pada posttest dengan nilai 76 yang termasuk kedalam kategori “Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan Learning Management System Schoology pada materi perubahan lingkungan di SMA. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Learning Management System Schoology.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:46
Last Modified: 15 Sep 2022 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58960

Actions (login required)

View Item View Item