PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS (CANVA) MELALUI GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM

PRIHATIN, ANGGUN, 185040108 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS (CANVA) MELALUI GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Susukan Kabupaten Cirebon pada materi ekosistem dikarenakan jangkauan materi yang terlalu luas serta kurangnya visualisasi media pembelajaran serta kurangnya keterlibatan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis (canva) melalui google sites terhadap hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Pre-Eksperiment dan jenis desain pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yakni kelas X IPA 2 sebanyak 34 orang peserta didik dengan pertimbangan rata-rata peserta didik memiliki Smartphone android dan memiliki karakteristik belajar secara mandiri. Instrumen yang digunakan berupa tes yakni soal objektif (pilihan ganda) dengan 5 opsi sebanyak 20 butir soal untuk memperoleh data utama pada ranah kognitif yang berupa pretest dan posttest, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor sebagai data penunjang, serta non-tes yakni angket untuk memperoleh data penunjang berupa respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil penelian ini dilihat dari peningkatan hasil posttest dari pretest. Nilai rata-rata pretest yang didapat oleh peserta didik sebesar 47,2 lebih kecil dari pada nilai rata-rata posttest yang diperoleh peserta didik yaitu sebesar 85,4 Kemudian untuk penilaian afektif diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,7 dengan kategori sangat baik dan untuk nilai rata-rata psikomotor diperoleh nilai rata-rata 84,5 dengan kategori sangat baik. Serta diperkuat dengan hasil kuesioner angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran infografis (canva) melalui google sites diperoleh ratarata respon positif sebesar 53,6% dengan respon sangat setuju. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik dapat mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran infografis (canva) melalui google sites pada materi ekosistem. Kata Kunci: Hasil Belajar, Infografis (Canva), Google Sites, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:28
Last Modified: 15 Sep 2022 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58952

Actions (login required)

View Item View Item