PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM

SUTARI,, 185040098 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER(2).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(1).pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(1).pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
BAB III(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis yaitu latihan dengan mengambil sebuah keputusan untuk membuat terjemahan, pemeriksaan, penilaian, dan kesimpulan berdasarkan bukti eksplisit, ide, teknik, kriteria, atau kerangka yang dipakai untuk penilaian yang telah direncanakan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik ialah dengan menerapkan model problem based learning berbantuan google classroom pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental design tipe one group pre test-post test. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Pasundan 8 Bandung dengan sampel 21 orang peserta didik kelas X MIPA Unggulan yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil posttest dari pretest. Nilai rata-rata pretest peserta didik yaitu 61,52 lebih kecil dari pada hasil posttest yaitu 88,90. Sedangkan dari perolehan angket respon peserta didik pada saat KBM melalui penerapan model problem based learning berbantuan google classroom pada materi ekosistem memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan google classroom dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Berdasarkan dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti yang ingin menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki persiapan yang matang saat mengelola KBM di kelas supaya seluruh jenjang pembelajaran dapat beroperasi secara optimal serta tujuan pembelajaran dapat teraih. Kata Kunci: Problem Based Learning, Google Classroom, dan Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:37
Last Modified: 14 Sep 2022 08:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58933

Actions (login required)

View Item View Item