MUTIAKANDI, NUR MUGHNIYAH, 185050061 (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN KERANGKA PEMBELAJARAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
6. Ringkesan.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya tidak terlepas dari permasalahanpermasalahan matematis. Oleh karena itu, kemampuan seseorang untuk mengetahui dan menggunakan dasar matematika dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari atau yang disebut sebagai kemampuan literasi matematis sangat penting dimiliki oleh siswa. Selain itu juga, siswa perlu memiliki rasa percaya diri atau selfconfidence agar mendapatkan hasil yang baik dalam pembelajaran. Namun kenyataanya, kemampuan literasi matematis dan self-confidence siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan self-confidence adalah model Problem-based Learning dengan Kerangka Pembelajaran TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian kemampuan literasi matematis dan instrumen non tes berupa angket selfconfidence. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan literasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-based Learning dengan kerangka pembelajaran TPACK. Kata Kunci: Model Problem-based Learning dengan Kerangka Pembelajaran TPACK, Kemampuan Literasi Matematis, Self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 01:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 01:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58893 |
Actions (login required)
View Item |