PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY

Rahmah, Hanifah Nabiyur (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrack.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 2 Kajian Teori dan Kerangka Berpikir.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
13. BAB 4 Hasil dan Pembahasan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
14. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, dan korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandung sebanyak dua kelas dengan sampel 72 siswa, yaitu 36 siswa kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil, 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan Pendekatan Pembelajaran Bridging Analogy lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model model Problem-based learning, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan Pendekatan Pembelajaran Bridging Analogy lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa melalui model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy. Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, Self-efficacy, model Problembased learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:12
Last Modified: 09 Sep 2022 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58886

Actions (login required)

View Item View Item