Rahmah, Hanifah Nabiyur (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrack.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 2 Kajian Teori dan Kerangka Berpikir.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
12. BAB 3 Metode Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
13. BAB 4 Hasil dan Pembahasan .pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
||
Text
14. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, dan korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa memperoleh model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandung sebanyak dua kelas dengan sampel 72 siswa, yaitu 36 siswa kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil, 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan Pendekatan Pembelajaran Bridging Analogy lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model model Problem-based learning, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning dengan Pendekatan Pembelajaran Bridging Analogy lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-based learning, 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa melalui model Problem-based learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy. Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, Self-efficacy, model Problembased learning dengan pendekatan pembelajaran Bridging Analogy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 06:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58886 |
Actions (login required)
View Item |