PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

MAULANA,SYAIKHA, 185050052 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan Syaikha.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning Berbantuan Google Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (2) Mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model konvensional; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem-based Learning berbantuan Google Classroom dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala kemandirian belajar. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 26.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (2) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Google Classroom, Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:00
Last Modified: 06 Sep 2022 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58859

Actions (login required)

View Item View Item