PUTRI,ANNISYA OKTAVIA, 185060017 (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Bojongloa 02 pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Pecahan Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
CAVER SKRIPSI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika di SDN Bojongloa 02 yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru saja, oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning. Tujuan enelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan, peningkatan hasil belajar siswa, pengaruh penggunaan model discovery learning. Metode pengumpulan data terdiri dari tes, dan observasi, tes yang digunakan yaitu pretest dan posttest. Yang dijadikan sampel dalam penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dan V-B merupakan kelas eksperimen. Teknik dalam pengolahan data pretest ataupun posttest menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis , uji paired ttest, uji Mann Whitney, uji N-gain, uji effect size. Yang dibantu oleh software IBM SPSS Statistic 20. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal, tetapi tidak memiliki perbedaan, memiiki peningkatan pada kelas yang menggunakan model discovery learning. Sehingga memiliki pengaruh menggunakan model discovery learning. Kata Kunci: Discovery Learning, Pecahan, Perbedaan, Peningkatan, Pengaruh.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 06:55 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 06:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58858 |
Actions (login required)
View Item |