PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen pada mata pelajaran PPKn Di SMP Indonesia Raya Bandung)

NURTAMALA, INTAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen pada mata pelajaran PPKn Di SMP Indonesia Raya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik akibat dari kurangnya keterampilan pendidik dalam pemilihan model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, kuisoner dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran inquiry dalam membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Indonesia Raya Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi awal keterampilan berpikir kritis homogen berdasarkan pengujian hipotesis melalui hasil uji-t memperoleh nilai Rhitung 0,137 < 0,05, perolehan Rhitung dijadikan tolak ukur peneliti agar memperoleh hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang akurat. (2) Penerapan model inquiry dalam proses belajar PPKn berjalan dengan lancar, namun belum maksimal karena terdapat kendala pada saat awal mengimplementasikan model inquiry pada materi Memaknai Peraturan Perudang-Undangan, di pertemuan kedua kendala tersebut berkurang berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan penerapan model inquiry memberikan perubahan yang lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh model inquiry lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh metode konvesional hal ini berdasarkan pengujian hipotesis uji-t memperoleh nilai Rhitung 0,038 < 0,05 yang artinya perolehan Rhitung lebih kecil dari Rtabel maka pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. (4) Berdasarkan perhitungan Tingkat Capain Responden (TCR) tanggapan peserta didik terhadap penggunan model inquiry rata-rata 87,5 berada pada data interval 85% - 100% kondisi ini menjelaskan bahwa respon peserta didik terhadap penggunaan model inquiry positif dan berada dalam katagori sangat baik. Kata Kunci : Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:02
Last Modified: 31 Aug 2022 05:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58591

Actions (login required)

View Item View Item