NURTAMALA, INTAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen pada mata pelajaran PPKn Di SMP Indonesia Raya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 6 BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 7 BAB II.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
FILE 8 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
Text
FILE 9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
||
Text
FILE 10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik akibat dari kurangnya keterampilan pendidik dalam pemilihan model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, kuisoner dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran inquiry dalam membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Indonesia Raya Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi awal keterampilan berpikir kritis homogen berdasarkan pengujian hipotesis melalui hasil uji-t memperoleh nilai Rhitung 0,137 < 0,05, perolehan Rhitung dijadikan tolak ukur peneliti agar memperoleh hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang akurat. (2) Penerapan model inquiry dalam proses belajar PPKn berjalan dengan lancar, namun belum maksimal karena terdapat kendala pada saat awal mengimplementasikan model inquiry pada materi Memaknai Peraturan Perudang-Undangan, di pertemuan kedua kendala tersebut berkurang berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan penerapan model inquiry memberikan perubahan yang lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh model inquiry lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh metode konvesional hal ini berdasarkan pengujian hipotesis uji-t memperoleh nilai Rhitung 0,038 < 0,05 yang artinya perolehan Rhitung lebih kecil dari Rtabel maka pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. (4) Berdasarkan perhitungan Tingkat Capain Responden (TCR) tanggapan peserta didik terhadap penggunan model inquiry rata-rata 87,5 berada pada data interval 85% - 100% kondisi ini menjelaskan bahwa respon peserta didik terhadap penggunaan model inquiry positif dan berada dalam katagori sangat baik. Kata Kunci : Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 05:02 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 05:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58591 |
Actions (login required)
View Item |