IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Kasus MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur)

Rosmeni, Rosmeni (2022) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Kasus MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana menumbuhkan karakter toleransi dalam analisis Proses Pembelajaran PPKn di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren.Saat ini Karakter toleransi semakin melemah sehingga mengakibatkan terjadinya konflik dan perpecahan yang terjadi pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.dan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren yang sangat kuat dengan nilai-nilai keislamannya terkadang cenderung berpikir tertutup akan menerima pandangan dari luar lingkungan Pondok Pesantren,. dan tidak memperhatikan ilmu-ilmu umum,termasuk mata pelajaran PPKn . Sehingga dengan hal ini menjadikan latar belakang dalam penelitian ini.Adapun rumusan dalam masalah dalam penelitian ini adalah:bagaimana pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur,bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam mnumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-TafsiriKabupaten Cianjur,bagaimana peran dan dukungan dari Lembaga Pengurus Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-TafsiriKabupaten Cianjur,dan bagaimana hambatan dan solusi pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pendekatan menggunakan kualitatif, dan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan Kepala Madrasah, Pengurus, Pendidik PPKn dan Peserta didik (Santri).Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan karakter toleransi peserta didik sudah terbentuk dengan baik karena adanya sebuah pengintegrasian kurikulum Kepesantrenan dan Nasioinal terutama dalam hal saling menghargai dan menghormati satu sama lain diatas perbedaan yang ada sebagai upaya dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila sila ke-1 dan sila ke-3. Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Karakter Toleransi, dan Peserta didik (Santri).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:53
Last Modified: 31 Aug 2022 04:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58590

Actions (login required)

View Item View Item