PERAN MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XI di SMAN 27 Bandung)

INDRIANIE, DIANDRA DINDA (2022) PERAN MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XI di SMAN 27 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mata pelajaran PPKn sebagai Pendidikan karakter disiplin terhadap peserta didik di masa pandemi covid19 melalui pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini di latar belakangi oleh keresahan peneliti atas Pada masa pandemi covid-19 ini, Peserta didik mengalami penurunan signifikan pada karakternya, khususnya dalam kedisiplinan. Peserta didik sudah terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh/daring, hal itu membuat ia menjadi longgar terhadap aturan yang seharusnya dipatuhi. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara dengan kedua informan yaitu Guru PPKn kelas XI serta peserta didik dan angket yang disebarkan kepada peserta didik SMAN 27 Bandung. Pada penelitian ini diketahui bahwa Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sebagi Pendidikan karakter disiplin pada masa pandemi covid-19 di SMAN 27 Bandung sangat berperan penting bagi warga sekolah, khususnya bagi peserta didik yang saat ini sedang melakukan adaptasi dengan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara daring, menjadi luring kembali. Kedisiplinan peserta didik meningkat, tercermin dalam hasil penelitian yaitu tingkat pelanggaran yang dilakukan peserta didik menurun. Dengan begitu tata tertib sekolah yang sebelumnya tidak dapat diimplementasikan dengan baik di masa pandemi covid-19, dapat diimplementasikan kembali di masa pembelajaran tatap muka terbatas. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pendikakan Karakter Disiplin, Peserta Didik, PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:06
Last Modified: 30 Aug 2022 09:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58528

Actions (login required)

View Item View Item