INDRIANIE, DIANDRA DINDA (2022) PERAN MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XI di SMAN 27 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mata pelajaran PPKn sebagai Pendidikan karakter disiplin terhadap peserta didik di masa pandemi covid19 melalui pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini di latar belakangi oleh keresahan peneliti atas Pada masa pandemi covid-19 ini, Peserta didik mengalami penurunan signifikan pada karakternya, khususnya dalam kedisiplinan. Peserta didik sudah terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh/daring, hal itu membuat ia menjadi longgar terhadap aturan yang seharusnya dipatuhi. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara dengan kedua informan yaitu Guru PPKn kelas XI serta peserta didik dan angket yang disebarkan kepada peserta didik SMAN 27 Bandung. Pada penelitian ini diketahui bahwa Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sebagi Pendidikan karakter disiplin pada masa pandemi covid-19 di SMAN 27 Bandung sangat berperan penting bagi warga sekolah, khususnya bagi peserta didik yang saat ini sedang melakukan adaptasi dengan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara daring, menjadi luring kembali. Kedisiplinan peserta didik meningkat, tercermin dalam hasil penelitian yaitu tingkat pelanggaran yang dilakukan peserta didik menurun. Dengan begitu tata tertib sekolah yang sebelumnya tidak dapat diimplementasikan dengan baik di masa pandemi covid-19, dapat diimplementasikan kembali di masa pembelajaran tatap muka terbatas. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pendikakan Karakter Disiplin, Peserta Didik, PPKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 09:06 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 09:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58528 |
Actions (login required)
View Item |