UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think Pair And Share) PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XI TKJ SMK PONPES CADANGPINGGAN INDRAMAYU (Penelitian Ekperimen di SMK Ponpes Cadangpinggan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu)

Marliani, Ajeng (2022) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think Pair And Share) PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XI TKJ SMK PONPES CADANGPINGGAN INDRAMAYU (Penelitian Ekperimen di SMK Ponpes Cadangpinggan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kualitas sistem pembelajaran pada dunia pendidikan di Indonesia hal yang utama ialah dengan adanya strategi pembelajaran yang inovatif sebagai pendorong munculnya motivasi terhadap peningkatan prestasi belajar dengan melihat hasil belajar peserta didik, rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dapat dilihat dengan melemahnya sistem pembelajaran yang terlebih dahulu apabila kita menganalisis secara mikro dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia karena dengan pendidikan manusia dapat mencapai kesejakterahan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari model pembelajaran TPS (Think Pair And Share) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen melalui pendekatan kuantitatif serta variabel independen analisisnya ialah model pembelajaran TPS (Think Pair And Share) dan untuk variabel dependen ialah prestasi peserta didik. Untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan TKJ 2 sebagai kelas kontrol memalui pengumpulan data tes soal, kuesioner dan wawancara. Data analisis yang digunakan ialah melalui pre-test dan post-test dengan hasil penelitian peserta yang terkategorikan yang belum mencapai KKM sebesar 35% kemudian mengalami penurunan sebesar 15% dengan rata-rata hasil belajar sejauh mana pemahaman terhadap konsep materi harmonisasi hak dan kewajiban dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik baik pada kelas eksperimen 82,90% dan kontrol sebesar 72,85%. Dengan t hitung posttest kelas eksperimen yaitu 3,395 dan posttest kelas kontrol yaitu 3,310 ditemukan hasil data 0,002 dengan tarif signifikan < 0,05 maka H0 dinyataakan ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari model pembelajaran TPS (Think Pair And Share) terhadap prestasi peserta didik dalam memahami konsep materi mengenai harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia (HAM). Kata Kunci : Model Pembelajaran, Prestasi belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:53
Last Modified: 30 Aug 2022 08:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58526

Actions (login required)

View Item View Item