PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Winda Andria Febrianti, 115060214 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Jatayu Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah-masalah yang terdapat dalam pembelajaran IPA salah satunya yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional pada materi “Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan”. Sehingga siswa kurang aktif dan tidak tumbuh sikap rasa ingin tahu dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPA, selain itu hasil belajar siswa juga kurang maksimal untuk mencapai KKM 76. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Inquiry Terbimbing.. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase sikap rasa ingin tahu 62,0%, sikap percaya diri 50,9%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sikap rasa ingin tahu 86,2%, percaya diri 87,4%. Dan siswa sudah menunjukan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri. Selain itu, hasil belajar siswa juga menunjukan peningkatan yaitu pada siklus I yang tuntas dalam mencapai KKM yaitu 51,8%, dan Belum Tuntas 48,1%. Pada siklus II menjadi lebih baik nampak dari tiap pertemuannya memiliki hasil yang sangat baik yaitu siswa yang mencapai Tuntas sebesar 89,7% sedangkan yang Belum Tuntas 10,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, rasa ingin tahu, percaya diri dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 18 Mar 2016 04:22
Last Modified: 18 Mar 2016 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item