PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG PADA PRAKTIK CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM

RAMANDANU ALDI DAMARA, 172050153 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG PADA PRAKTIK CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
kata pengantar.docx

Download (21kB)
[img] Text
lembar persetujuan.docx

Download (13kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (26kB)
[img] Text
cover.docx

Download (62kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (26kB)
[img] Text
surat pernyataan.docx

Download (14kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (103kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Persepsi Masyarakat Kota Bandung Pada Praktik Clickbait Di Tribunnews.com”. Pada dasarnya media online dibuat untuk menyampaikan informasi lebih cepat dan efisien. Kini media online lebih memprioritaskan update dan trafik dengan mengesampingkan keakuratan dan kualitas berita yang disajikan terutama media online Tribunnews.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sensasi, atensi, dan interpretasi menggunakan teori persepsi dari Kenneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken sehingga dapat rnengetahui persepsi masyarakat mengenai praktik clickbait di tribunnews.com. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode deskriptif kualitatif, peneliti dapat mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi dengan cara memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung sehingga data tersebut dapat melengkapi penelitian ini, serta menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menyatakan sensasi masyarakat kota Bandung pada praktik clickbait di Tribunnews.com yaitu, semua informan mengetahui apa itu clickbait dan pernah membaca clickbait di Tribunnews.com. Atensi masyarakat kota Bandung pada praktik clickbait di Tribunnews.com yaitu, Masyarakat tersebut mengklik clickbait di Tribunnews.com disebabkan karena karena tertarik saat melihat judulnya yang relevan dengan yang pembaca cari dan adapun yang karena penasaran dengan kebenaran berita yang dimuat. Interpretasi masyarakat kota Bandung pada praktik clickbait di Tribunnews.com yaitu, mampu merubah kebiasan mereka dalam mencari berita di media online. Kata Kunci: Berita Clickbait, Tribunnews.com, Persepsi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 May 2022 03:18
Last Modified: 17 May 2022 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57331

Actions (login required)

View Item View Item