ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIAMIS

Luqmanul Hakim, 172010088 (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIAMIS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.docx

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi Wisuda Cover.docx

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (120kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Pelayanan Online merupakan pelayanan berbasis digital yang memungkinkan masyarakat bisa mengakses pelayanan dari mana saja, Pada zaman sekarang yang serba modern, teknologi dibuat untuk mempermudah dan membenahi kualitas dan aktivitas manusia sehingga manusia bisa lebih produktif dalam beraktivitas dan bisa membuat kegiatan manusia menjadi efektif. Peranan teknologi sangat penting dalam membantu pekerjaan manusia sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Penelitian ini berlokasi di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Dinas melakukan pelayanan Online dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa melakukan pelayanan dimana saja dan bisa mengakses pelayanan bermodalkan telepon selular. Hal ini sebagai bentuk penyesuaian zaman, karena di zaman sekarang, keberadaan telepon selular hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Penelitian Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study), yaitu metode yang memusatkan pada saat penelitian berlangsung dengan menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang digunakan untuk mencari dan mengumpulkan data dan fakta yang diperoleh dari lapangan. Budiani (2007:53) menguraikan efektivitas program sebagai berikut “Efektivitas adalah kesesuaian antara output dengan tujuan yang ditetapkan” menurut pendapat tersebut efektivitas program merupakan kaitan antara output dengan tujuan yang ditetapkan, semakin efektif suatu program maka output dapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan Online memiliki beberapa hambatan seperti masih banyak masyarakat yang masih belum melek teknologi, koneksi internet yang tidak stabil, pelayanan Online di Dinas sepenuhnya belum berjalan dengan baik dan tidak efektif karena masyarakat yang mengakses pelayanan Online masih kurang dan lebih banyak yang datang langsung. Pelayanan Online bisa lebih efektif bila Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melakukan sosialisasi lebih mendalam lagi. Kata Kunci : Pelayanan Online, masyarakat, efektif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 May 2022 02:02
Last Modified: 18 May 2022 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57313

Actions (login required)

View Item View Item