RISGINA SYALSYABILA A, 105060093 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SKRIPSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.rtf Download (607kB) |
|
Text
surat pengesahan.docx Download (19kB) |
|
Text
Motto dan persembahan.docx Download (17kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
abstark.docx Download (19kB) |
|
Text
Abstrak B.inggris.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (20kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Download (19kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (390kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.rtf Download (53kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap kerjasama dalam kemampuan menganalisis untuk membuat kerajinan pada tema selalu berhemat energi subtema gaya dan gerak pembelajaran 4 dan 5 di kelas IV SD Negeri Pinggirsari I Kecamatan Kertsari Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Project Based Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya sikap kerjasama siswa terhadap proses pembelajaran hal tersebut terbukti dari masih banyaknya kekurangan dalam penguasaan kerja tim ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui kemampuan menganalisis, dan teknik non tes untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar alat penilaian sikap siswa dalam pembelajaran, lembar alat penilaian prestasi belajar siswa, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dalam meningkatkan kemampuan menganalisis. Hal tersebut dapat dilihat dari data awal respon siswa menunjukan presentase 50%, setelah melakukan penelitian siklus I sampai siklus II respon siswa terhadap kerjasama meningakat menjadi 100%. Sedangkan untuk kemampuan menganalisis mengalami peningkatan dari awalnya 28% meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dalam meningkatkan kemampuan menganalisis siswa. Hal ini disebabkan dalam model Project Based Learning, siswa membuat suatu karya kreatif/kerajinan yang berupa produk dalam pembelajaran siswa belajar langsung dengan praktek kerja nyata. Dengan demikian siswa akan merasa terdorong untuk memecahkan masalah dengan suatu projek melalui pengalaman pribadi yang menarik. Kata kunci: Project Based Learning, sikap kerjasama siswa, kemampuan menganalisis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 19:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 19:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5727 |
Actions (login required)
View Item |