PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS ULASAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Santosa, Sony, 145030152 (2022) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS ULASAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dankekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditunjukkan untuk pembaca. Sementara itu, rumusan masalah yang peneliti ajukan sebagai berikut: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen dengan menggunakan model think pair share?, 2) Mampukah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang menelaah struktur teks ulasan cerpen?, 3) Efektifkah model think pair share digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang? 4) Apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah model Think Pair Share digunakan? 5) Manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen dengan menggunakan model think pair share pada kelas eksperimen, atau pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen dengan menggunakan model student team achievement pada kelas kontrol? Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode pre-experimental dengan teknik penelitian telaah pustaka, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,7 dan pelaksanaan sebesar 3,8. 2) Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang mampu menelaah struktur teks ulasan cerpen yang koheren sesusai dengan karakteristik struktur teks ulasan cerpen. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes, yaitu 61,8 dan nilai rata-rata postes yaitu 83,32. Dengan selisih antara postes dan pretes sebesar 21,3. 3) Model think pair share efektif digunakan dalam pembelajaranmenelaah struktur teks ulasan cerpen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 10,66>ttabel2,34 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar setelah model think pair share diterapkan, terbukti dari nilai rata-rata pretes 61,8 dan nilai rata-rata postes 83,32, sedangkan selisih keduanya yaitu 21,53. 5) Model think pair share efektif digunakan pada pembelajaran menelaah struktur teks ulasan cerpen di kelas eksperimen. Terbukti dengan hasil uji t yang menunjukan thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol, yaitu 8,30> 3,85 Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan pembelajaran yang peneliti lakukan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Ulasan, Think Pair Share,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 May 2022 03:23
Last Modified: 13 May 2022 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57255

Actions (login required)

View Item View Item