FAUZIAH, FATHIRA NURHALIZA, 175030066 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA RIFFATERRE DALAM BUKU PUISI: KELUARGA CEMARA KARYA ROSI L. SIMAMORA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS PUISI KELAS X SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya peserta didik dalam mengungkapkan ide atau gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk puisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai hasil analisis semiotika Riffaterre berupa pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik dalam buku puisi: Keluarga Cemara karya Rosi L. Simamora, sekaligus mengetahui hasil analisis semiotika Riffaterre dalam buku puisi tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar menulis puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diuraikan tidak berupa angka-angka, melainkan berupa kata-kata atau deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembacaan heuristik sebagai wujud pembacaan semiotik tingkat pertama, mampu mengungkap arti atau makna asli dari kata-kata yang tidak dipahami dalam puisipuisi dari buku puisi: Keluarga Cemara karya Rosi L. Simamora. Dilanjutkan dengan kegiatan pembacaan hermeneutik sebagai wujud pembacaan semiotik tingkat kedua melalui konvensi ketaklangsungan ekspresi puisi, mampu mengungkap makna keseluruhan dari puisi-puisi yang terdapat dalam buku puisi tersebut. Adapun jumlah data yang didapat adalah sebagai berikut. Penggantian arti, yaitu metafora 6 data, metonimia 12 data, personifikasi 5 data, simile 5 data, sinekdoke berupa pars pro toto 1 data; berupa totem pro parte 2 data, dan alegori 1 data. Penyimpangan arti, yaitu ambiguitas sebanyak 21 data, kontradiksi berupa paradoks yaitu 5 data, sedangkan berupa ironi tidak ditemukan, dan nonsense hanya 1 data. Penciptaan arti, yaitu enjambement 17 data, persajakan/rima 29 data, tipografi 22 data, dan homolog/homologues 1 data. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa puisi-puisi yang dimuat dalam buku puisi: Keluarga Cemara karya Rosi L. Simamora dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk materi menulis puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X, dengan dilandaskan pada hasil penilaian dan persetujuan dari expert judgment. Kata Kunci: Puisi, pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutik, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:33 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56574 |
Actions (login required)
View Item |