Peran Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka Terhadap Peningkatan Ekspor Kopi Ke Jepang 2016 - 2020

Muzakki, 172030034 (2022) Peran Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka Terhadap Peningkatan Ekspor Kopi Ke Jepang 2016 - 2020. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
COVER_Muzakki_172030034.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2_Muzakki_172030034.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Muzakki_172030034.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK_Muzakki_172030034.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1_Muzakki_172030034.docx

Download (18kB)

Abstract

Menanggapi berbagai isu dan dinamika dalam perdagangan internasional, Negara Indonesia membentuk sebuah lembaga promosi dagang yaitu Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang salah satunya ditempatkan di kota Osaka Jepang. Lembaga tersebut berperan sebagai lembaga promosi dan aktor terdepan dalam melakukan penetrasi pasar secara langsung melalui program-program nya. Pembentukan lembaga tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu langkah strategis pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan laju pertumbuhan ekspor produk Indonesia ke negara Jepang, salah satunya yaitu ekspor produk kopi khas Indonesia. Negara Jepang sendiri merupakan salah satu negara importir produk kopi terbesar di dunia dan salah satu konsumen produk kopi dengan daya konsumsi tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa. Pada penelitian ini, penulis akan mengupas program-program lembaga ITPC Osaka seperti penyediaan layanan informasi dan media promosi, memfasilitasi kerjasama, business intelligent dan business matching, serta market brief dan market intelligent, dengan menggunakan teori-teori dan konsep yang relevan. Maka dari itu peneltitian ini mengacu pada konsep Ekonomi Politik Internasional, Perdagangan Internasional, Keunggulan Komparatif, Rezim Internasional, Peranan, Strategi Promosi Ekspor sebagai premis mayor dan pembentukan ITPC di Jepang serta Eskpor kopi Indonesia ke Jepang sebagai premis minor. Penulis meyakini melalui implementasi program-program tersebut dapat menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan laju pertumbuhan ekspor produk kopi Indonesia ke dalam pasar negara Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang sifatnya deskriptif-analisis, yang dimana penulis mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data dari berbagai literatur yang telah dikumpulkan. Terdapat beberapa sumber yang dijadikan sebagai bahan kajian dari mulai buku, jurnal, dan website yang dapat menunjang keberhasilan penelitian ini. Dampak dari implementasi program-program strategis lembaga ITPC Osaka dalam mempromosikan dan meningkatkan laju pertumbuhan ekspor produk kopi Indonesia ke negara Jepang masih belum mendapatkan hasil yang maksimal dan mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir, walaupun secara kelembagaan setiap program dapat berjalan secara konsisten dan menghasilkan respon yang baik. Maka dari itu lembaga ITPC Osaka tidak terlalu berdampak besar pada peningkatan volume ekspor kopi Indonesia ke pasar Jepang, maka perlu adanya evaluasi dan peningkatan kinerja dalam mempromosikan produk kopi Indonesia. Kata Kunci : Ekonomi Politik Internasional, Perdagangan Internasional, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, Ekspor, Kopi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:39
Last Modified: 24 Mar 2022 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56449

Actions (login required)

View Item View Item