PENGARUH PENGUATAN VERBAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

SANTORA, ILHAM DIPO, 155060004 (2022) PENGARUH PENGUATAN VERBAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
bab IV ILHAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pemberian penguatan verbal terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cibeunying Kaler. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya penguatan verbal yang diberikan oleh guru kepada siswa sehingga kurangnya antusias siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran, respond dan aktivitas belajar siswa di kelas pun menjadi menurun. Dengan melaksanakan penelitian ini siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran, respon dan aktivitas siswapun meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui Lembar Observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu kelas V dari Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Cibeunying Kaler yaitu SDN 201 Sukaluyu, SDN 032 Tilil, SDN 132 Cihaurgeulis, SDN 054 Tikukur, SDN Langensari. Teknik pengolahan data untuk mengetahui penguatan verbal terhadap aktifitas belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji Regresi linear sederhana, uji T, sedangkan untuk mengetahui pengaruh penguatan verbal terhadap hasil belajar dengan menggunakan koefisien determinasi dan koefesien korelasi, dengan bantuan SPSS 25. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat Pengaruh verbal yang dilakukan guru pada saat memberikan pembelajaran pada sekolah dasar tersebut dengan rata-rata hasil observasi mencapai 76,8%. Dan aktivitas belajar siswa pada ke 5 (Lima) sekolah tersebut masih relative rendah (kurang dari 50%) dengan rata-rata hasil observasi haynya mencapai 46,4%. Kata kunci : Penguatan verbal, Aktivitas belajar dan Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Mar 2022 08:26
Last Modified: 17 Mar 2022 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56306

Actions (login required)

View Item View Item