Berliana, Shinta, 155060014 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas III SD Negeri 230 Margahayu Raya Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian skripsi ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa rendahnya pada kelas III di SDN 230 Margahayu Raya Kota Bandung. yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui media pembelajaran maka peneliti memilih judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 230 Margahayu Raya Kota Bandung sebanyak 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas III-A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas III-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) angket, (2) lembar observasi, (3) wawancara, dan (4) tes. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi digunakan untuk mengukur minat belajar siswa dan tes berupa posttest untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran audio visual. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil minat belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 65% sedangkan nilai ratarata hasil minat belajar di kelas kontrol sebesar 60%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 82,3, dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol sebesar 58,3. Kata kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Minat belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 07:48 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56304 |
Actions (login required)
View Item |