Mahendra, Arbian Dwi, 175030062 (2022) ANALISIS ALUR DENGAN PENDEKATAN OBJEKTIF PADA KUMPULAN CERPEN “PEREMPUAN” KARYA M. LUBIS SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR DI KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover_Arbian_175030062.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Arbian_175030062.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_Arbian_175030062.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT_Arbian_175030062.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1_Arbian_175030062.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2_Arbian_175030062.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
Bab 3_Arbian_175030062.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
Bab 4_Arbian_175030062.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
Bab 5_Arbian_175030062.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka_Arbian_175030062.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas unsur alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis dan mengimplementasikan pembelajaran unsur alur sebagai unsur pembangun cerpen pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah membuat bahan ajar yang mampu mempermudah peserta didik dalam pembelajaran cerpen, berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena menjelaskan tentang alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis. Data dalam kajian ini diperoleh melalui telaah pustaka, dokumentasi dan analisis. Temuan penelitian ini menunjukkan 1) Terdapat 18 cerpen yang memiliki unsur alur yang lengkap dan 1 cerpen yang tidak memiliki unsur alur yang lengkap, dengan rincian unsur orientasi dengan persentase 100%, unsur komplikasi dengan persentase 100%, dan unsur resolusi dengan persentase 67%. 2) Hasil analisis alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis telah memenuhi bahan ajar di kelas XI SMA dan tuntutan Kurikulum 2013 karena sesuai dengan KD 3.9 yaitu: “Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek”, sesuai dengan aspek materi, aspek bahasa, dan aspek perkembangan psikologi peserta didik. 3) Bahan ajar berupa modul yang berjudul “Alur sebagai Unsur Pembangun Cerita Pendek” telah divalidasi oleh dosen meliputi aspek isi bernilai rata-rata nilai 92, aspek kebahasaan rata-rata nilai 93, aspek penyajian ratarata nilai 100, dan aspek kegrafika rata-rata nilai 97. Validasi guru Bahasa Indonesia meliputi aspek isi rata-rata nilai 95, aspek kebahasaan rata-rata nilai 93, aspek penyajian rata-rata nilai 95, dan aspek kegrafika rata-rata nilai 88. Hasil validasi dari validator menunjukkan nilai rata-rata nilai 94 sehingga termasuk ke dalam kriteria baik dan dinyatakan memenuhi syarat sebagai bahan ajar cerita pendek di kelas XI SMA. Kata kunci: Analisis, alur, cerita pendek dan, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 04:55 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 04:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56266 |
Actions (login required)
View Item |