PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT REBINMAS JAYA BELITUNG

Suci, 174010003 and Dr. Ina Ratnamiasih, SE.,MSi, Pembimbing (2022) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT REBINMAS JAYA BELITUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari ditemukannya permasalahan mengenai buruknya perilaku organizational citizenship behavior. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku organizational citizenship behavior pada karyawan PT Rebinmas Jaya Belitung yang disebabkan rendahnya komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior baik secara parsial maupun simultan pada PT Rebinmas Jaya Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu slovin dengan jumlah populasi 103 karyawan dan jumlah sampel sebanyak 82 karyawan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior sebesar 19,9% dan kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior sebesar 39%. Komitmen organisasi dan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap organizational citizenship behavior sebesar 58,9% sedangkan sisanya sebesar 41,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi organizational citizenship behavior yaitu kepuasan kerja. Kata kunci : Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:16
Last Modified: 01 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55916

Actions (login required)

View Item View Item