FATIMAH, EVA SITI, 175020084 (2022) PENGARUH KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Kelas X IPS SMA Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Untuk mengetahui tingkat literasi digital pada siswa, (ii) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada siswa, (iii) Untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X IPS SMA Pasundan 3 Bandung khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan wawancara, teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics Version 24.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) literasi digital siswa menunjukan bahwa literasi digital siswa termasuk ke dalam kategori sangat baik, (ii) motivasi belajar siswa menunjukan bahwa motivasi belajar siswa termasuk ke dalam kategori sangat baik, (iii) literasi digital memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar siswa dengan perolehan nilai sebesar 55,1%. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan bahwa “literasi digital dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa”. Penulis menyarankan kepada (i) siswa lebih memanfaatkan fasilitas literasi digital yang telah difasilitasi sekolah, (ii) guru dapat membangun suasana belajar yang baru secara optimal sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan berjalan dua arah, (iii) sekolah dapat memenuhi fasilitas sarana dan prasarana secara maksimal pada proses pembelajaran, (iv) peneliti selanjutnya diharapkan perlu mengkaji lebih dalam mengenai referensi dan lebih. Kata kunci : Literasi Digital, Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 06:41 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55873 |
Actions (login required)
View Item |