ANALISIS MAJAS ALEGORI DAN PARADOKS DALAM KUMPULAN CERPEN LINGUAE KARYA SENO G. AJIDARMA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA INDONESIA DI SMP

Fatimah, Siva Siti, 175030090 (2022) ANALISIS MAJAS ALEGORI DAN PARADOKS DALAM KUMPULAN CERPEN LINGUAE KARYA SENO G. AJIDARMA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA INDONESIA DI SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. RINGKESAN.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis majas alegori dan paradoks dalam kumpulan cerita pendek Linguae karya Seno G. Ajidarma. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, di antaranya: 1) bagaimanakah unsur pembangun cerita pendek (majas alegori dan paradoks) yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek Linguae karya Seno G. Ajidarma; 2) apakah kumpulan cerita pendek Linguae karya Seno G. Ajidarma dapat digunakan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar apresiasi sastra Indonesia pada jenjang sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beberapa cerita cerpen dalam buku kumpulan cerpen Linguae karya Seno G. Ajidarma tersebut mengandung majas alegori dan majas paradoks. Dalam menganalisis majas alegori dan paradoks dari empat belas cerita pendek ini, penulis menemukan ada tiga puluh sembilan data yang terdiri dari tiga puluh majas alegori dan sembilan majas paradoks. Mengenai kesesuaian dengan kurikulum 2013, sebagai aspek pertimbangan untuk dijadikan sebagai bahan ajar, dari keempat belas judul cerita pendek, ada sembilan judul cerita pendek yang dapat digunakan sebagai bahan ajar (modul) pada KD 3.5 yaitu mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar. Ditinjau dari kesesuaian dengan kurikulum 2013 di kelas IX sekolah menengah pertama, maka sembilan cerita pendek tersebut dapat direkomendasikan sebagai bahan ajar pada pembelajaran apresiasi sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IX sekolah menengah pertama. Kata Kunci: Majas alegori, majas paradoks, cerita pendek, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:02
Last Modified: 05 Mar 2022 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55816

Actions (login required)

View Item View Item