ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT STOP HOAX PADA MEDIA TELEVISI INDOSIAR

Dinda Ayu Wulandari, 172050399 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT STOP HOAX PADA MEDIA TELEVISI INDOSIAR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Stop Hoax Pada Media Televisi Indosiar. Iklan ini merupakan iklan layanan masyarakat yang dibuat untuk menyampaikan pesan sosial kepada masyarakat luas yakni memberantas hoax yang masih marak terjadi di Indonesia dengan harapan masyarakat dapat terdorong dan termotivasi untuk sama-sama ikut mengurangi hingga memberantas persebaran berita palsu atau hoax di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol￾simbol yang ditampilkan dalam iklan Layanan Masyarakat Stop Hoax pada Media Televisi Indosiar. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotikan Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbo-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas soaial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif kedalam bentuk paragaraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwa pada saat ini posisi keadaan di masyarakat memang sudah banyak yang mengalami dampak buruk karna terpengaruhnya oleh informasi yang hoax, seyogyanya kita dapat menggunakan media sosial secara bijak dan cermat setiap informasi yang tersebar pada media sosial, agar tidak mudah percaya pada setiap informasiyang berdampak negatif pada diri kita. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Iklan Layanan Masyarakat, Hoax

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:14
Last Modified: 19 Feb 2022 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55768

Actions (login required)

View Item View Item