Rahayu, Adelia Martina, 175060094 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover word.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak inggris.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (1).pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
Cover word.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Analisis penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya keterampilan menyimak siswa dengan bantuan media audio visual. Maksud dari penelitian ini ialah untuk menelaah bahwa media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) melalui penelitian kualitatif dengan menelaah penelitian terdahulu melalui jurnal nasional, artikel dan skripsi mengenai hasil peningkatan penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menyimak. Menurut hasil penelitian dari beberapa jurnal terdahulu memperlihatkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa di sekolah dasar, sebab media audio visual merupakan sebuah kemampuan yang menarik dalam kegiatan pembelajaran secara berjalan. Dengan mengunakan media audio visual seyogyanya dapat membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran secara langsung. Akan tetapi dari beberapa jurnal menemukan temuan yang dimana adanya kendala dalam memberikan media audio visual seperti halnya dalam pengolahan data, siswa menjadi kurang fokus, pembelajaran yang kurang kondusif dan menggunakan media audio visual yang kurang kreatif. Mengenai hal itu hasil dari penelitian terdahulu menyatakan bahwa adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dimana dua kelas tersebut melaksanakan kegiatan yang menggunakan media untuk menyimak dan yang tidak mengunakan media. Dari keduanya menemukan hasil bahwa kelas yang menggunakan media audio visual dalam keterampilan menyimak menjadi lebih fokus, bisa membayangkan sebuah kejadian yang sedang dipelajari, hasil dari keterampilan menyimak meningkat. Akibatnya media audio visual mampu meningkatkat sebuah keterampilan menyimak siswa sekolah dasar, sebab adanya keunikan yang menjadikan daya pikat siswa untuk menyimak. Kata Kunci : Audio Visual, Media Pembelajaran, Keterampilan Menyimak
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mrs Nikita - |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 06:35 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55462 |
Actions (login required)
View Item |