ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka)

Rahayu, Adelia Martina, 175060094 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover word.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (1).pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Cover word.pdf

Download (25kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya keterampilan menyimak siswa dengan bantuan media audio visual. Maksud dari penelitian ini ialah untuk menelaah bahwa media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) melalui penelitian kualitatif dengan menelaah penelitian terdahulu melalui jurnal nasional, artikel dan skripsi mengenai hasil peningkatan penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menyimak. Menurut hasil penelitian dari beberapa jurnal terdahulu memperlihatkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa di sekolah dasar, sebab media audio visual merupakan sebuah kemampuan yang menarik dalam kegiatan pembelajaran secara berjalan. Dengan mengunakan media audio visual seyogyanya dapat membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran secara langsung. Akan tetapi dari beberapa jurnal menemukan temuan yang dimana adanya kendala dalam memberikan media audio visual seperti halnya dalam pengolahan data, siswa menjadi kurang fokus, pembelajaran yang kurang kondusif dan menggunakan media audio visual yang kurang kreatif. Mengenai hal itu hasil dari penelitian terdahulu menyatakan bahwa adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dimana dua kelas tersebut melaksanakan kegiatan yang menggunakan media untuk menyimak dan yang tidak mengunakan media. Dari keduanya menemukan hasil bahwa kelas yang menggunakan media audio visual dalam keterampilan menyimak menjadi lebih fokus, bisa membayangkan sebuah kejadian yang sedang dipelajari, hasil dari keterampilan menyimak meningkat. Akibatnya media audio visual mampu meningkatkat sebuah keterampilan menyimak siswa sekolah dasar, sebab adanya keunikan yang menjadikan daya pikat siswa untuk menyimak. Kata Kunci : Audio Visual, Media Pembelajaran, Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:35
Last Modified: 03 Feb 2022 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55462

Actions (login required)

View Item View Item