ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

Nurfadilah, Syifa, 175060048 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Syifa.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pustaka mengenai penggunaan media pembelajaran big book dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di sekolah dasar dari berbagai ahli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Adapun fokus penelitian yang dianalisis yaitu peningkatan keterampilan membaca melalui media pembelajaran big book dari penelitian berbagai ahli sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah editing, organizing dan finding dengan mencari data berupa dokumen dari berbagai literatur seperti buku, jurnal dan artikel. Sementara teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis bersifat komparatif, interpretatif dan deduktif. Dalam hal ini hasil adalah perubahan baik dari aspek pengucapan, intonasi, kejelasan, kelancaran dan pemahaman yang dilakukan oleh peserta didik untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran dapat tercapai untuk mengukur keberhasilan dalam belajar. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan membaca diperlukan media pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan memotivasi peserta didik. Media pembelajaran big book dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik, karena media big book merupakaan buku bacaan berukuran besar penuh dengan gambar, teks serta warna yang memungkinkan guru dan peserta didik membaca bersama-sama sehingga peserta didik dapat mengoptimlakan keterampilan membacanya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca mengalami perubahan yang signifikan. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran big book menjadikan keterampilan membaca peserta didik maksimal. Media pembelajaran big book berperan sebagai Media Pembelajaran pembelajaran dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Big Book, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 10:44
Last Modified: 21 Jan 2022 10:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55370

Actions (login required)

View Item View Item