Dewi,Yani Nopita, 175060153 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK * (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Artinya dengan melaksanakan analisis tentang kajian dari jurnal akan digunakan untuk menjawab seluruh rumusan masalah mulai dari konsep model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning bagi peserta didik, pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan karena motivasi belajar peserta didik rendah, salah satu penyebabnya yaitu selama proses kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada pendidik sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi pasif pada saat melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan data deduktif, induktif, interpretatif dan komparatif. Hasil dari sebuah penelitian setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning bahwa terjadi suatu peningkatan motivasi belajar peserta didik yaitu mereka jadi lebih bisa berpikir kritis, belajar menjadi efektif serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, dengan melakukan kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning bisa memberikan dampak positif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Hal itu disebabkan karena model pembelajaran Problem Based Learning lebih mementingkan masalah sebagai suatu titik awal dalam proses kegiatan pembelajaran dimana peserta didik harus menemukan sendiri informasi yang berhubungan dengan masalah, selanjutnya peserta didik mencari solusi dari permasalahan yang sedang dibahas. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning akan mampu meningkatkan motivasi belajar terhadap peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 10:21 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 10:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55366 |
Actions (login required)
View Item |