ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

FATHONAH, THINA SITI, 175060117 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
15. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional serta nilai rata-rata hasil belajar peserta didik cenderung masih rendah. menurut Riyanto Discovery Learning adalah suatu pembelajaran inovatif Belajar mencari dan menemukan sendiri, dalam pembelajarannya peserta didik diberi peluang untuk mencari, memecahkan, hingga menemukan cara-cara penyelesaiannya dan jawaban-jawabannya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa jurnal. teknik pengumpulan data yang digunakan Editing, Organizing, dan Penemuan hasil penelitian, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deduktif dan interpretative. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai jurnal yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan model discovery learning. Karena dalam pelaksanaannya menggunakan prosedur yang dilakukan secara umum yaitu: stimulasi/pemberian rangsangan, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Pembuktian, dan menarik kesimpulan/ generalisasi. Dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning terlihat adanya pengaruh yang baik terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yang mengalami peningkatan.penggunaan model discovery learning sangat disarankan untuk di terapkan dalam proses pembelajaran. selain itu model discovery learning bisa dikolaborasikan dengan model pembelajaran yang lain dalam hal peningkatan konsep pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:11
Last Modified: 21 Jan 2022 09:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55355

Actions (login required)

View Item View Item