FATHONAH, THINA SITI, 175060117 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional serta nilai rata-rata hasil belajar peserta didik cenderung masih rendah. menurut Riyanto Discovery Learning adalah suatu pembelajaran inovatif Belajar mencari dan menemukan sendiri, dalam pembelajarannya peserta didik diberi peluang untuk mencari, memecahkan, hingga menemukan cara-cara penyelesaiannya dan jawaban-jawabannya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa jurnal. teknik pengumpulan data yang digunakan Editing, Organizing, dan Penemuan hasil penelitian, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deduktif dan interpretative. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai jurnal yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan model discovery learning. Karena dalam pelaksanaannya menggunakan prosedur yang dilakukan secara umum yaitu: stimulasi/pemberian rangsangan, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Pembuktian, dan menarik kesimpulan/ generalisasi. Dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning terlihat adanya pengaruh yang baik terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yang mengalami peningkatan.penggunaan model discovery learning sangat disarankan untuk di terapkan dalam proses pembelajaran. selain itu model discovery learning bisa dikolaborasikan dengan model pembelajaran yang lain dalam hal peningkatan konsep pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 09:11 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 09:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55355 |
Actions (login required)
View Item |