ANALISIS TENTANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

SUCIANTI, REGINA, 175060047 (2022) ANALISIS TENTANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_175060047_Regina Sucianti.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_SUNDA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_175060047_Regina Sucianti.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_175060047_Regina Sucianti.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB 3_175060047_Regina Sucianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 4_175060047_Regina Sucianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB 5_175060047_Regina Sucianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_175060047_Regina Sucianti.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manajemen guru yang belum optimal atau kurangnya penguasaan seorang guru dalam melakukan suatu pembelajaran dengan baik. Sehingga banyak guru lebih memilih menggunakan metode ceramah dibandingkan dengan metode pembelajaran lain yang lebih menarik dan tentu menyenangkan bagi peserta didik. Padahal dengan metode pembelajaran yang berbeda akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih optimal dari segi aktivitas maupun hasil belajar itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep metode pembelajaran Index Card Match, penerapan metode Index Card Match di dalam pembelajaran, dan hubungan metode pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Studi Kepustakaan dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan membaca, mendalami, mencermati, menelaah serta mengolah bahan penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu sumber sekunder dan tersier yang bersumber dari jurnal, buku-buku, laporan, dan sumber lain yang relevan. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Serta analisis data yang digunakan peneliti analisis data deduktif dan interperatif. Berdasarkan hasil analisisnya metode pembelajaran index card match merupakan metode dengan menggunakan sebuah media kartu saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Dengan menggunakan kartu ini, pendidik berharap peserta didik menjadi lebih mudah mempelajari materi secara mendalam tanpa harus menghafalnya terus-menerus, dan cara belajar sambil bermain akan membangkitkan aktivitas peserta didik. Didalam penerapan metode pembelajaran index card match pun memiliki langkah-langkah yang tersusun secara sistematis sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan index card match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di sekolah dasar. Kata kunci : Index Card Match, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:34
Last Modified: 18 Jan 2022 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54969

Actions (login required)

View Item View Item