MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS TPACK

ROSALINA , LENI, 175040019 (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS TPACK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan analisis merupakan kemampuan dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, dengan menguraikannya menjadi unsur-unsur serta menentukan keterkaitan antar unsur-unsur tersebut dalam struktur keseluruhan. Kemampuan analisis penting dimiliki peserta didik khususnya dalam pelajaran biologi yang sarat dengan konsep-konsep sistem yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas pembelajaran blended learning berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem saraf. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental design berbentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung dengan sampel kelas XI MIPA A yang diambil secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan blended learning berbasis TPACK dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi pokok sistem saraf (Gain rata-rata 34,00) dengan dominasi kategori peningkatan tinggi (84 % peserta didik) (0,73 ≤ N-Gainٌ ٌ ≤ 1,00). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menguasai kerangka pembelajaran TPACK agar lebih mudah penerapannya dalam pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Analisis, TPACK, dan Blended Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:42
Last Modified: 09 Dec 2021 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54453

Actions (login required)

View Item View Item