MILLATIATIK, FASYANADA, 155040017 (2021) PENGARUHMODELPEMBELAJARANSYNECTICSTERHADAPHASIL BELAJARSISWAKELASXIIPAMATAPELAJARANBIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER JUDUL.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK(Indonesia, inggris, sunda).pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
Modelsynecticsadalahmodelyangberorientasipadapeningkatan kemampuanpemecahanmasalahdanpengembangankreativitassiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaran synecticsterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIPAmatapelajaranbiologi. Jaringanhewanadalahsekumpulanselyangsama,memilikifungsiyang samasertakumpulanjaringandapatmembentuksebuahorganhewan. MetodepenelitianyangdigunakanadalahTrue-ExperimentDesigndengan menggunakandesainpenelitianposttest-onlycontroldesign.Instrumen penelitianyangdigunakanadalahpretest-posttest.Analisisdatahasil penelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswasebelum menggunakan modelpembelajaransynecticspadakelaseksperimenmemilikirata-rata nilaipretestsebesar56,32dengannilaitertinggi90,00dannilaiterendah 35,00sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-ratanilaipritest65,68 dengannilaitertinggi87,00dannilaiterendahyaitu38,00.Sedangkan analisisdatahasilpenelitiansetelahmenggunakanmodelpembelajaran synecticsmemilikinilairata-rata post-testsebesar75,80 pada kelas eksperimendan71,04nilairata-ratapadakelaskontrol,dengannilai tertinggipadakelaseksperimenyaitu98,00dannilaiterendahyaitu50,00 sedangkanpadakelascontrolnilaitertinggi88dan nilaiterendah45. Berdasarkandatatersebutdapatmembuktikanbahwaadapeningkatan hasilbelajarsiswasetelahdiberiperlakuandenganmenggunakanmodel pembelajaran synecticspada kelaseksperimen pada materijaringan hewan.Berdasarkandatapretestdanposttestyangdiperolehdapatdilihat bagaimanaperbedaanpeningkatanhasilbelajarsiswasebelum diberi perlakukan dengan hasilbelajar siswa setelah diberiperlakukan menggunakan model pembelajaran synectics. Dari data tersebut menunjukkan rata-rata peningkatan hasilbelajarsiswa berada dalam kategorisedangdengannilaiN-Gainsebesar0,36terjadipadakelas eksperimen.Sedangakanpeningkatanhasilbelajaryangterjadipadakelas kontrolberadadalamkategorirendahdengannilaiN-Gainsebesar0,11. KataKunci:ModelSynectics,HasilBelajar,JaringanHewan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 02:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54431 |
Actions (login required)
View Item |