PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP ETIKA POLITIK PADA KAMPANYE PILKADA DI KABUPATEN KARAWANG (Penelitian Fenomenologi Kampanye Pilkada Di Kabupaten Karawang)

RIZQIA, FIRDA, 175010029 (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP ETIKA POLITIK PADA KAMPANYE PILKADA DI KABUPATEN KARAWANG (Penelitian Fenomenologi Kampanye Pilkada Di Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial facebook terhadap etika politik pada kampanye pilkada di Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan penulis mengenai media sosial facebook memiliki kapasitas yang dapat mempengaruhi khalayak terutama untuk membentuk opini publik. Media sosial memainkan peran kunci dalam menginformasi tentang politik dan menumbuhkan rasa kemanjuran politik sekaligus memperoleh citranya dari berbagai khalayat sesuai yang disebut dengan citra media. Akan tetapi penggunaannya tidak dimaksimalkan secara baik, terdapat oknum-oknum nakal yang membuat berita hoax, adu domba sehingga terjadi perpecahan diantara kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan beberapa hal diantaranya: (1) Peran media sosial facebook sebagai salah satu media alat komunikasi politik pada kampanye pilkada kurang efektif bagi pasangan calon bupati, karena tidak dapat memaksimalkan fitur dengan baik. (2) Pandangan etika politik terhadap kampanye menggunakan media sosial facebook secara universal terdapat masih ada oknum-oknum yang membuat pelanggaran yang dimana berbanding dengan kode etik dan moralitas yang telah di tanamkan sejak dini. (3) Tindakan KPU dalam menyikapi tim sukses setiap masing-masing pasangan calon yang menggunakan media sosial facebook sebagai media kampanye namun tidak mencerminkan etika politik yakni mengambil tindakan ke ranah kepolisian, selain itu bawaslu bekerja sama dengan kominfo untuk selalu mengawasi pergerakan tim sukses di media sosial facebook. (4) Dalam membenahi dan mencegah komunikasi politik yang melakukan pelanggaran pada pemilihan umum agar tidak terjadi penyebaran informasi hoax, KPU melakukan sosialiasi serta memberikan pendidikan politik kemasyarakat pra pemilu agara menjadi pemilih sesuai dengan asas pemilu. Kata Kunci : Media Sosial Facebook, Etika Politik, Kampanye Pilkada

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:18
Last Modified: 26 Nov 2021 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54375

Actions (login required)

View Item View Item