MAULINA, ELSA, 175010009 (2021) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGELOLAAN WAKTU BELAJAR REMAJA DI RUKUN TETANGGA 02 DESA MEKAR JAYA KECAMATAN MANGGAR (Studi Deskriptif di Rukun Tetangga 02 Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN ELSA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 3 ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 6 BAB I-dikonversi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 7 BAB II-dikonversi.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
FILE 8 BAB III-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
Text
FILE 9 BAB IV-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
FILE 10 BAB V-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya Peggunaan gadget dikalangan anak remaja saat ini sudah sulit dikontrol. Pembelajaran yang dilakukan dari rumah membuat pemerintah memilih meliburkan dan membuat mereka bersekolah melalui daring membuat anak banyak menghabiskan waktu menggunakan gadget di rumah dan membuat mereka semakin sering membuka gadget, hal tersebut tentunya sangat berdampak pada pengelolaan waktu belajar mereka dirumah, penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget di kalangan remaja di Rukun Tetangga 02 Desa Mekar Jaya bagaimana penggelolaan waktu belajar para remaja dan kecenderungan dampak penggunaan gadget serta cara mengatasi dampak negatif dari penggunaan gadget terhadap para remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif dengan subjek penelitian remaja dan orangtua rukun Tetangga 02. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian ini menunjukan, (1) Penggunaan gadget terhadap remaja, hanya sebatas berpengaruh sebagai media hiburan, mencari informasi pemblajaran. (2) Remaja rukun Tetangga 02 Belum memiliki upaya dalam pengelolaan waktu belajar dan bermain dirumah mereka juga belum memiliki jadwal belajar di rumah. (3) dampak yang dirasakan remaja memiliki dampak positif dan negatif, dampak positif mudah mencari jawaban dari soal buku, mencari informasi, berkomunikasi, dampak negatifnya jadi sering malas belajar, tidak fokus dalam belajar, perhatian mulai teralihkan tidur berkurang membuat mereka jadi bergadang. (4) Untuk mengatasi dampak dari pengggunaan gadget yaitu dengan mengikuti les privat dan tidak membawa gadget pada saat keluar rumah dan mencari kegiatan lain, untuk meminimalisir dampak negatif orag tua membatasi pengggunaan gadget pada anak. Kata Kunci : Dampak Negatif, Penggunaan Gadget, Pengelolaan Waktu Belajar, Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 03:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 03:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54289 |
Actions (login required)
View Item |