Melia, Nurul Febri, 175060002 (2021) ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD (Penelitian Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan(1).pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK-2.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kemampuan berpikir kritis, pelaksanaan model discovery learning dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan jurnal, artikel, buku dan hasil penelitian terdahulu. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan adalah deduktif dan induktif. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir tinggak tinggi sehingga harus dipelajari secara terus menerus, selain itu kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam kehidupan masyarakat, namun kemampuan berpikir kritis ini cenderung terabaikan pada proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat seperti model discovery learning. Model discovery learning merupakan suatu model pembelajaran yang memusatkan kepada peserta didik, artinya siswa menuruti setiap proses discovery learning secara aktif dari mulai menandai masalah sampai menarik kesimpulan dengan tujuan peserta didik menemukan pengalaman belajar secara langsung serta mendapat pengetahuan-pengetahuan baru dari setiap proses pembelajaran yang telah dilalui. Hasil analisis jurnal penelitian terdahulu menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan, hal ini dilihat dari hasil kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti analisis bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kata Kunci: discovery learning, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 07:33 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54171 |
Actions (login required)
View Item |