PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas III di SDN Padasuka 04 Pangkalan Raja Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung)

Puspita, Anindya, 155060058 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas III di SDN Padasuka 04 Pangkalan Raja Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI .pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
17. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SDN Padasuka 04 Pangkalan Raja diduga salah satunya terjadi karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan cenderung masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik memilih model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang diharapkan peserta didik dapat semakin aktif mengikuti proses belajar mengajar di kelas dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode dalam penelitian ini kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Padasuka 04 Pangkalan Raja, dengan jumlah sampel yaitu 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik, dan teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembeajaran kooperatif tipe make a match dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest >72 sebesar 82,5% dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 90. Jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 12 orang sedangkan tersisa 8 orang peserta didik yang belum tuntas karena memperoleh nilai <72 atau termasuk pada kategori Baik. Sementara pada hasil belajar peserta didik diperoleh nilai dalam hasil analisis uji t melalui independent samples t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,006<0,05 artinya dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran penemuan (discovery learning) atau model pembelajaran konvensional. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sangat menunjang terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Tema 3 Benda-Benda disekitarku Subtema 1 Aneka Benda disekitarku pada kelas III SD. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Make A Match, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:28
Last Modified: 10 Nov 2021 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54170

Actions (login required)

View Item View Item