PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs

Karyono, NPM : 128612019 (2021) PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
01 COVER.docx

Download (75kB)
[img] Text
05 ABSTRAK B.Indo.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

Karyono. (2014). PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat mana yang lebih baik peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh penerapan assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dan untuk mengetahui implementasi assesmen portofolio berbasis masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode mix method dengan strategi embedded konkuren, merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot metodenya berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Krangkeng kabupaten Indramayu dan mengambil dua sampel kelas VIII secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, skala sikap untuk mengetahui sikap siswa, observasi dan wawancara untuk mengetahui kekeliruan jawaban siswa dan implementasi assesmen portofolio. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang dan rendah). 3) Sikap siswa positif setelah menggunakan assesmen portofolio berbasis masalah. 4) Dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis terdapat penurunan kesalahan, kekeliruan pada kelas yang menerapkan assesmen portofolio. 5) Implementasi assesmen portofolio berbasis masalah dalam pembelajaran matematika berjalan dengan baik, dapat menciptakan siswa aktif dalam diskusi kelompok dan siswa tertantang menyelesaikan soal-soal matematika melalui kumpulan tugas-tugas yang terstruktur. Kata Kunci : Assesmen Portofolio Berbasis Masalah, Pembelajaran Portofolio, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:57
Last Modified: 10 Nov 2021 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54165

Actions (login required)

View Item View Item