Karyono, NPM : 128612019 (2021) PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
01 COVER.docx Download (75kB) |
|
Text
05 ABSTRAK B.Indo.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
Abstract
Karyono. (2014). PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat mana yang lebih baik peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh penerapan assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dan untuk mengetahui implementasi assesmen portofolio berbasis masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode mix method dengan strategi embedded konkuren, merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot metodenya berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Krangkeng kabupaten Indramayu dan mengambil dua sampel kelas VIII secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, skala sikap untuk mengetahui sikap siswa, observasi dan wawancara untuk mengetahui kekeliruan jawaban siswa dan implementasi assesmen portofolio. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang dan rendah). 3) Sikap siswa positif setelah menggunakan assesmen portofolio berbasis masalah. 4) Dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis terdapat penurunan kesalahan, kekeliruan pada kelas yang menerapkan assesmen portofolio. 5) Implementasi assesmen portofolio berbasis masalah dalam pembelajaran matematika berjalan dengan baik, dapat menciptakan siswa aktif dalam diskusi kelompok dan siswa tertantang menyelesaikan soal-soal matematika melalui kumpulan tugas-tugas yang terstruktur. Kata Kunci : Assesmen Portofolio Berbasis Masalah, Pembelajaran Portofolio, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 06:57 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 06:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54165 |
Actions (login required)
View Item |