ROZALINI, NISRINA, 175050041 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
ABTRAK BAHASA INDONESIA NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (923kB) | Preview |
|
Text
BAB III NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
BAB V NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NISRINA ROZALINI 175050041.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis matematis dan salah satu kemampuan dalam aspek afektif yang perlu dimiliki oleh siswa adalah self-efficacy. Namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa masih rendah. Guru harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar yang tepat, salah satu alternatif melalui pendekatan Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM); (2) menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan self-efficacy siswa sekolah menengah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM); (3) menganalisis korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder, yaitu data dari artikel dari jurnal nasional dan internasional bereputasi yang terkait dengan kemampuan berpikir kritis matematis, self-efficacy dan pendekatan Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Editing, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa Induktif dan Interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) mengalami peningkatan secara signifikan; (2) kemampuan self-efficacy siswa sekolah menengah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) mengalami peningkatan secara signifikan; (3) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa memiliki hubungan yang positif, semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi kemampuan berpikir kritis matematis. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Efficacy, Pendekatan Sains, Technology, Engineering, Mathematics (STEM)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53718 |
Actions (login required)
View Item |