PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS PASUNDAN

NURJANAH, MAUDINA (2021) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Maudina.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT B. INGGRIS.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Maudina Nurjanah.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Maudina Nurjanah.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 Maudina Nurjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 4 Maudina Nurjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB 5 Maudina Nurjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana literasi ekonomi mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan. (ii) Bagaimana gaya hidup mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan. (iii) Bagaimana perilaku konsumtif untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan. (iv) Bagaimana pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan. (v) Bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan (vi) Bagaimana pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan. (vii) Bagaimana implementasi literasi ekonomi dalam pendidikan, khususnya dalam mata kuliah ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS 26.0 for windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Literasi ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan, rata-rata hasilnya adalah sebesar 4,05 yang menyatakan bahwa pemahaman literasi ekonomi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi termasuk kedalam kategori sangat baik. (ii) Gaya hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan rata-rata sebesar 3,23 yang menunjukan bahwa gaya hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi termasuk kedalam kategori tinggi. (iii) Perilaku konsumtif untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan hasil rata-ratanya adalah sebesar 3,10 yang menyatakan bahwa perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dikategorikan tinggi. (iv) Terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan sebesar 20,1%, dengan analisis statistik thitung sebesar 3,159 > dari ttabel sebesar 1,972 signifikansi 0.002 < 0,05(5%). (v) Terdapat pengaruh signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan sebesar 70,7%, dengan analisis statistik thitung sebesar 23,647 > dari ttabel sebesar 1,972 signifikansi 0.000 < 0,05(5%). (vi) Terdapat pengaruh signifikan gaya hidup dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Universitas Pasundan sebesar 70,6%, dengan analisis statistik Fhitung sebesar 226,313 > dari Ftabel sebesar 3,04 signifikansi 0.000 < 0,05(5%), dan dengan hasil regresi linear berganda yaitu Y = 3.651 - 0,105X1 + 0,339X2,serta kesimpulan dapat diterima (vii) Implementasi literasi ekonomi yaitu dalam mata kuliah pengantar ilmu ekonomi, ekonomi mikro, dan ekonomi makro khususnya dalam materi perilaku produsen dan konsumen dapat dikatakan sebagai salah satu bagian dari proses belajar seorang konsumen. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran (i) bagi mahasiswa diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman mengenai literasi ekonomi serta mempraktikkannya dalam berperilaku sebagai konsumen di kehidupan sehari-hari, serta harus lebih bisa memilih gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan, dengan membedakan mana kebutuhan serta keinginan, agar tidak berperilaku konsumtif. (ii) bagi lembaga pendidikan diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi refrensi untuk lebih memberikan arahan dan memperhatikan pola perilaku konsumtif mahasiswa yang ada di lingkungan kampus. (iii) bagi peneliti lain diharapkan bisa dijadikan bahan referensi yang baru dan bisa menjadi acuan bagi penelitian yang akan datang selain jurnal dan buku yang sudah ada, serta agar lebih teliti dalam menantukan variabel lain dalam mempengaruhi perilaku konsumtif. Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:11
Last Modified: 05 Nov 2021 01:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53671

Actions (login required)

View Item View Item