Shella Maudina Priyangga, 162030250 (2021) KERJASAMA PARIWISATA INDONESIA-MALAYSIA DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN WISATAWAN MALAYSIA KE INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Pengesahan.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Globalisasi telah membawa berbagai perubahan bagi seluruh negara tidak terkecuali Indonesia dan Malaysia. Berbagai kerja sama telah dilakukan Indonesia dengan Malaysia, sehingga tercipta hubungan baik diantara kedua negara. Dengan beberapa histori yang dimiliki Indonesia dan Malaysia, tidak begitu sulit untuk mengembangkan kerjasama di sektor pariwisata. Sektor pariwisata menjadi salah satu pendorong utama perekenomian dunia karena terdapat beberapa keuntungan dan mampu memberikan devisa cukup besar bagi negara, memperluas lapangan pekerjaan dan memperkenalkan budaya negara. Sebagai dua negara yang memiliki angka perekonomian tinggi di Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia telah melakukan kerjasama di bidang pariwisata untuk waktu yang cukup lama. Untuk terus meningkatkan kunjungan pariwisata dari Malaysia dibutuhkan strategi dan kerja sama antar negara. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis bagaimana langkah dan strategi Indonesia dalam meningkatkan wisatawan Malaysia ke Indonesia. Memiliki sejarah hubungan bilateral yang baik, Indonesia memilih Malaysia sebagai target dalam meraup wisatawan dari luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan sebagai metode pengumpulan data, sumber data diperoleh dari jurnal, buku, data pemerintahan dan media online yang kredibel. Strategi Indonesia dalam meningkatkan wisatawan Malaysia ke Indonesia adalah dengan melakukan strategi DOT (Destination, Origin, Time), BAS (Branding, Advertising, Selling), dan POSE (Paid Media, Own Media, SocialMedia, Endorser), serta melakukan berbagai kerja sama seperti Forum Nusantara 2019, Malaysia-Indonesia Tourism Gathering, Sarawak MATTA Fair. Dengan melakukan strategi dan program Kerja sama tersebut, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia tahun 2014- 2019 setiap tahunnya meningkat. Kata Kunci: Kerja sama, Malaysia, Indonesia, Strategi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 12:51 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 12:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53669 |
Actions (login required)
View Item |