PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Sumatra 40 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022)

LATIFAH, ATI NURUL, 175020051 (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Sumatra 40 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER_ATINURUL.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_ATINURUL.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK_ATINURUL.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1_ATINURUL.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2_ATINURUL.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 3_ATINURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
15. BAB 4_ATINURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
16. BAB 5_ATINURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA_ATINURUL.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Bagaimana gambaran fasilitas belajar di rumah, lingkungan keluarga dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Sumatra 40 Bandung. (ii) Seberapa besar pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Sumatra 40 Bandung. (iii) Seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Sumatra 40 Bandung. (iv) Seberapa besar pengaruh fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Sumatra 40 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel sebanyak 85 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan : (i) fasilitas belajar di rumah dengan rata-rata sebesar 4,00 (80%) termasuk dalam kategori baik, Lingkungan keluarga sebesar 4,12 (82,34%) termasuk dalam kategori sangat baik serta motivasi belajar sebesar 3,91 (78,02%) termasuk dalam kategori baik. (ii) terdapat pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi belajar dengan nilai kontribusi parsial sebesar 19,7%. (iii) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan nilai kontribusi parsial sebesar 26,7%. (iv) terdapat pengaruh secara simultan fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 46,4% termasuk kategori cukup. Sebagai akhir Penelitian penulis menyampaikan saran bagi : (1) Guru, harus lebih mampu memberikan motivasi kepada peserta didik supaya terus giat dalam belajar, (2) Peserta Didik, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar melalui fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga. (3) Orang tua, diharapkan untuk dapat memenuhi fasilitas belajar di rumah yang dibutuhkan oleh peserta didik serta dapat menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dan nyaman sehingga peserta didik lebih fokus dalam belajar. (4) Sekolah, sebagai bahan masukan dalam rangka memperbaiki mutu proses pembelajaran. (5) Peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji dan mencari referensi yang lebih banyak terkait penelitian yang serupa. Kata Kunci : Fasilitas belajar di rumah, lingkungan keluarga, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 06:08
Last Modified: 04 Nov 2021 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53651

Actions (login required)

View Item View Item