PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Tahun Akademik 2020/2021 di SMA Nusantara Kota Bandung)

Yunita, Adelia, 175020040 (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Tahun Akademik 2020/2021 di SMA Nusantara Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKEUSAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana pengaruh Efikasi DIri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung, (ii) bagaimana pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung, (iii) Apakah pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah dapat memotivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics Version 24.0. Temuan penelitian ini yaitu (i) Tingkat Efikasi Diri pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII IPS di SMA Nusantara termasuk kedalam kategori setuju. (ii) Tingkat Lingkungan Sekolah pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XII IPS di SMA Nusantara termasuk kedalam kategori setuju. (iii) Menunjukkan bahwa nilai efikasi diri (x1) dan lingkungan sekolah (x2) meningkat sebesar 1 satuan maka motivasi belajar (variabel Y) meningkat. Sebagai akhir penelitian, penluis menyampaikan saran kepada (i) sekolah, hendaknya mengadakan peningkatan fasilitas yang menunjang kepercayaan diri dari peserta didik dan menjaga lingkungan sekolah agar peserta didik merasakan adanya motivasi untuk belajar. (ii) Guru, meningkatkan semangat dan rasa kepercayaan diri seorang peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar agar peserta didik aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. (iii) Peserta Didik, diharapkan memiliki kesadaran akan kepercayaan diri sendiri di sekitar lingkungan sekolah dan agar bisa memotivasi dan termotivasi oleh orang lain. (iv) meningkatkan kualitas penelitian yang lebih baik lagi dengan cara menambah subjek dan melakukan penelitian di tempat yang berbeda dari penelitian yang sebelumnya dengan populasi penelitian yang telah banyak pula. Kata Kunci: Efikasi Diri, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:01
Last Modified: 04 Nov 2021 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53625

Actions (login required)

View Item View Item