Yunita, Adelia, 175020040 (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Tahun Akademik 2020/2021 di SMA Nusantara Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKEUSAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana pengaruh Efikasi DIri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung, (ii) bagaimana pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung, (iii) Apakah pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah dapat memotivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Nusantara Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics Version 24.0. Temuan penelitian ini yaitu (i) Tingkat Efikasi Diri pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII IPS di SMA Nusantara termasuk kedalam kategori setuju. (ii) Tingkat Lingkungan Sekolah pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XII IPS di SMA Nusantara termasuk kedalam kategori setuju. (iii) Menunjukkan bahwa nilai efikasi diri (x1) dan lingkungan sekolah (x2) meningkat sebesar 1 satuan maka motivasi belajar (variabel Y) meningkat. Sebagai akhir penelitian, penluis menyampaikan saran kepada (i) sekolah, hendaknya mengadakan peningkatan fasilitas yang menunjang kepercayaan diri dari peserta didik dan menjaga lingkungan sekolah agar peserta didik merasakan adanya motivasi untuk belajar. (ii) Guru, meningkatkan semangat dan rasa kepercayaan diri seorang peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar agar peserta didik aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. (iii) Peserta Didik, diharapkan memiliki kesadaran akan kepercayaan diri sendiri di sekitar lingkungan sekolah dan agar bisa memotivasi dan termotivasi oleh orang lain. (iv) meningkatkan kualitas penelitian yang lebih baik lagi dengan cara menambah subjek dan melakukan penelitian di tempat yang berbeda dari penelitian yang sebelumnya dengan populasi penelitian yang telah banyak pula. Kata Kunci: Efikasi Diri, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 03:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53625 |
Actions (login required)
View Item |